PENINGKATAN
KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 SOJOL PADA PEMBELAJARAN PAI DENGAN
MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT)
A.
Latar belakang
Kita
ketahui di era sekarang banyak sekali siswa dan siswi yang kurang aktif dalam
pembelajaran terutamanya dalam pembelajaran PAI yang ada di SMK Negeri 1 Sojol.
Maka dari itu, problem ini perlu dipecahkan dengan menggunakan beberapa model
pembelajaran salah satu model pembelajaran yang paling efektif yaitu model
pembelajaran Teams Games Tournaments ( TGT) dikarenakan metode
ini sangat mudah diterapkan, melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa harus ada
perbedaan status, melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya dan mengandung
unsur permainan dan reinforcement. Aktivitas belajar dengan permainan yang
dirancang dalam pembelajaran kooperatif
model Teams Games Tournament (TGT)
memungkinkan siswa dapat belajar lebih rileks disamping menumbuhkan tanggung
jawab, kejujuran, kerja sama, persaingan sehat dan keterlibatan belajar.
B. Rumusan masalah
1. bagaimana cara peningkatkan pembelajaran
PAI yang ada di SMK Negeri 1 Sojol dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournaments?
2. apa prosedur yang digunakan dalam
model pembelajaran Teams Games
Tournaments?
C. Tujuan penulisan
Berdasarkan rumusan masalah yang
telah dikemukakan diatas , maka tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. untuk memahami cara peningkatkan pembelajaran
PAI yang ada di SMK Negeri 1 Sojol dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournaments!
2. untuk memahami prosedur yang
digunakan dalam model pembelajaran Teams
Games Tournaments!
D. Manfaat Penelitian
Agar penelitian dapat bermanfaat bagi semua
kalangan, khususnya bagi penulis, maka perlu diketahui beberapa manfaat
penelitian ini, antara lain sebagai berikut:
1.
Sebagai pengukur dalam mengetahui peningkatkan pembelajaran PAI yang
ada di SMK Negeri 1 Sojol dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournaments.
2.
Sebagai wadah pengembangan bagi penulis untuk mengetahui prosedur yang digunakan dalam model pembelajaran
Teams Games Tournaments.
E.
Penegasan Istilah
Untuk memudahkan pembaca dalam mengetahui
beberapa topik pembahasan dalam skripsi ini, diantaranya mengacu pada latar
belakang permasalahan yang dikemukakan secara umum dalam skripsi ini yang
berjudul : peningkatan
keaktifan belajar siswa SMK Negeri 1 Sojol pada pembelajaran PAI dengan
menggunakan model pembelajaran Teams Games
Tournaments (TGT), Maka terlebih dahulu penulis mengemukakan pengertian menurut bahasa atau
istilah sebagai berikut :
Peningkatan: perubahan
dari keadaan atau sifat yang negatif berubah menjadi positif.
Keaktifan: Secara harfiah keaktifan berasal dari kata aktif yang
berarti sibuk, giat (Kamus Besar Bahasa Indonesia: 17). Aktif mendapat awalan ke- dan –an, sehingga menjadi keaktifan yang mempunyai arti kegiatan atau
kesibukan.
Pembelajaran: proses
interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu
lingkungan belajar yang meliputi guru dan siswa yang saling bertukar informasi.
PAI: suatu
pembelajaran yang dilakukan oleh seseorang atau instansi pendidikan yang
memberikan materi mengenai agama islam kepada orang yang ingin mengetahui lebih
dalam tentang agama Islam baik dari segi materi akademis maupun dari segi
praktik yang dapat dilakukan sehari hari.
Model: bentuk
pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas
oleh guru di kelas.
Teams:
Belajar
dalam Kelompok
Games:
Permainan
Tournaments:
Pertandingan
atau Lomba
Tidak ada komentar:
Posting Komentar