PENGERTIAN DASAR, TUJUAN DAN
FUNGSI METODE PEMBELAJARAN PAI
Mata Kuliah
Metode Pembelajaran
PAI Tingkat Dasar SD/MI
Di Susun Oleh
Nama : Moh. Saldi
Zam’ani
Serly
Restu fauzia
Fakultas : Tarbiyah
Jurusan :
PAI (8)kk
INSTITUT AGAMA
ISLAM NEGERI PALU
PRODI. PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM (PAI)
TAHUN AKADEMIK 2016/2017
KATA PENGANTAR
ASaalamualaikum warahmatulahi wabarakatu
Puji syukur
kehadirat Allah Swt
atas rahmat dan
karunia-Nya kami dapat
menyelesaikan makala ini dengan cara dikemas dan disajikan dengan format
dan pengetahuan yang
penuh manfaat, makala
ini berjudul “pengertian dasar, tujuan dan fungsi metode
pembelajaran PAI ”
adapun maksud dan
tujuan makala ini
ialah untuk memenuhi sala satu
tugas mata kulia
metode pembelajaran PAI tingkat
dasar SD/MI .
selain itu penulis
berharap semoga makala
ini bisa bermanfaat
untuk pembacanya.
Wasalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR ..................................................................................... i
DAFTAR
ISI .................................................................................................... ii
BAB I : PENDAHULUAN.............................................................................. 1
A.
Latar belakang ............................................................................................. 1
B.
Rumusan masalah ........................................................................................ 1
C.
Tujuan penulisan ......................................................................................... 1
BAB II : PEMBAHASAN.................................................................................. 2
Peran Guruh Di Sekolah Dan Masyarakat...................................................... 2
A. Pengertian metode pembelajaran PAI............................................................ 2
B. Apa
metode dasar pembelajaran PAI............................................................... 3
C. Bagaimana
Tujuan Metode Pembelajaran PAI................................................. 4
D. Bagaimana
Fungsi Metode Pembelajaran PAI................................................. 5
BAB III
: PENUTUP.......................................................................................... 6
A. Kesimpulan
...................................................................................................... 6
B. Saran
................................................................................................................ 6
DAFTAR
PUSTAKA......................................................................................... 7
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Mengajar secara efektif sangat
bergantung pada pemilihan dan penggunaan metode mengajar yang serasi dangan
dasar dan tujuan mengajar. Cara belajar yang lebih baik ialah mempergunakan
metode kegiatan murid-murid sendiri secara efektif dalam kelas, demi mewujudkan
pendidikan yang sesuai dengan tujuan.
Makala ini masi jauh dari kesempurnaan
sehingga kami dari kelompok 2 mengharapkan kritik dan saran pada saudara demi
kesempurnaan makalah kami.
A. Rumusan
masalah
1.
Apa Pengertian metode pembelajaran PAI?
2.
Apa metode dasar pembelajaran PAI?
3.
Bagaimana Tujuan Metode
Pembelajaran PAI?
4.
Bagaimana Fungsi Metode Pembelajaran
PAI?
B.
Tujuan penulisan
1. Pengertian metode pembelajaran PAI
2.
Apa metode dasar pembelajaran PAI
3.
Bagaimana Tujuan Metode
Pembelajaran PAI
4.
Bagaimana Fungsi Metode
Pembelajaran PAI
BAB II
PEMBAHASAN
Pengertian Dasar,Tujuan, Dan
Fungsi Metode Pembelajaran PAI (SD/MI)
A. Pengertian metode pembelajaran PAI
Metode berasal dari bahasa
latin, metodos yang artinya “jalan atau cara”. Dalam kamus besar bahasa
Indonesia, metode adalah “cara kerja yang bersistem untuk memudahkan
pelaksanaan guna mencapai apa yang telah ditentukan”. Sedang bila ditinjau dari
segi terminologis (istilah), metode dapat dimaknai sebagai “jalan yang ditempuh
oleh seseorang supaya sampai pada tujuan tertentu, baik dalam lingkungan atau
perniagaan maupun dalam kaitan ilmu pengetahuan,[1]
serta pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan
pendidik pada suatu lingkungan belajar, dan bantuan yang diberikan pendidik
agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan.
Berdasarkan uraian di atas
dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud metode pembelajaran PAI adalah cara atau
jalan yang ditempuh oleh guru untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga
tujuan pembelajaran dapat dicapai. Dapat juga disimpulkan bahwa
metode pembelajaran PAI adalah metode pembelajaran yang
digunakan oleh guru sebagai media untuk mencapai tujuan pembelajaran
yang telah ditetapkan,[2]
Demi terciptanya pendidikan agama islam pada pesertadidik.
B.
Metode Dasar Pembelajaran PAI
Secara
umum ada empat dasar dalam menentukan metode pembelajaran, yakni:
1.
Mengindentifikasikan dan menetapkan kekhususan perubahan
perilaku peserta didik yang diharapkan.
2. Memilih sistem pendekatan belajar
mengajar berdasarkan cita-cita dan pandangan hidup masyarakat.
3. Memilih dan menetapkan metode
belajar mengajar yang dianggap paling tepat dan efektif sehingga
dapat dijadikan pegangan oleh pendidik dalam menunaikan tugasnya.
4. Memilih dan menetapkan ukuran
keberhasilan kegiatan belajar mengajar sehingga dapat dijadikan
pedoman oleh guru untuk melakukan evaluasi (penilaian).
Selain
empat dasar diatas, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan juga sebelum
mengembangkan metode pembelajaran
pendidikan agama, yakni:
1. Tujuan pembelajaran umum pendidikan Agama
dapat dilihat pada silabus atau garis-garis besar program pembelajaran yang
diberlakukan.
2.
Karakteristik siswa yang akan mengikutinya dapat
diketahui melalui per tes secara lisan maupun tertulis dan lainnya.[3]
C.
Tujuan Metode Pembelajaran PAI
tujuan metode pembelajan merupakan
pengikat segala aktivitas guru dan siswa, oleh sebab itu, merumuskan tujuan
pembelajaran merupakan langka pertama yang harus dilakukan dalam merancang
sebuah program dan metode pembelajaran.
Ada beberapa alasan mengapa tujuan
pembelajaran perlu dirumuskan dalam merancang suatu metode pembelajaran
1.
Rumusan tujuan yang jelas,
dapat digunakan untuk mengevaluasi efektifitas keberhasilan proses
pembelajaran.
2.
Tujuan pembelajaran dapat
digunakan sebagai pedoman dan panduan belajar siswa.
3.
Tujuan pembelajaran dapat
membantu dalam mendesain sistem pembelajaran
4.
Tujuan pembelajaran dapat
digunakan sebagai kontrol dalam menentukan batas-batas dan kualitas
pembelajaran[4]
Adapapun
Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD/MI bertujuan untuk
menumbuhkan dan meningkatkan keimanan, melalui pemberian dan pemupukan
pengetahuan, penghayatan, pengamalan kepada peserta didik tentang agama Islam
sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang dalam hal keimanan,
ketaqwaannya kepada Allah SWT serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi,
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta untuk dapat melanjutkan
pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
D.
Fungsi Metode Pembelajaran PAI
Pendidikan
Agama Islam di SD/MI berfungsi untuk :
1.
Penanaman nilai ajaran Islam sebagai pedoman mencapai
kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.
2. Pengembangan keimanan dan ketakwaan kepada
Allah SWT serta akhlak mulia peserta didik seoptimal mungkin, yang telah
ditanamkan lebih dahulu dalam lingkungan keluarga.
3. Penyesuaian mental peserta didik terhadap
lingkungan fisik dan sosial melalui pendidikan agama Islam.
4. Perbaikan kesalahan-kesalahan,
kelemahan-kelemahan peserta didik dalam keyakinan, pengamalan ajaran agama
Islam dalam kehidupan sehari-hari.
5. Pencegahan peserta didik dari hal-hal negatif
budaya asing yang akan di hadapinya sehari-hari.
6. Pengajaran tentang ilmu pengetahuan keagamaan
secara umum ( alam nyata dan non nyata ), sistem dan fungsionalnya.
7. Penyaluran siswa untuk mendalami
pendidikan agama ke lembaga pendidikan yang lebih tinggi.[5]
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
metode adalah “cara kerja yang
bersistem untuk memudahkan pelaksanaan guna mencapai apa yang telah
ditentukan”.
Secara
umum ada beberapa dasar dalam menentukan metode pembelajaran, yakni Mengindentifikasikan
dan menetapkan kekhususan perubahan perilaku peserta didik, Memilih sistem
pendekatan belajar mengajar berdasarkan cita-cita dan pandangan hidup
masyarakat, Memilih dan menetapkan metode belajar mengajar yang dianggap paling
tepat dan efektif sehingga dapat dijadikan pegangan oleh pendidik dalam
menunaikan tuganya.
Adapapun Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD/MI bertujuan untuk
menumbuhkan dan meningkatkan keimanan, melalui pemberian dan pemupukan
pengetahuan, penghayatan, pengamalan kepada peserta didik tentang agama Islam.
Fungsi metode pembelajaran PAI adalah
Penanaman nilai ajaran Islam, Penyesuaian mental peserta didik terhadap
lingkungan, Pencegahan peserta didik dari hal-hal negatif budaya asing.
B.
Saran
Makalah
ini masi jauh
dari kesempurnaan, saran dan
kritik yang membangun sangat
kami harapkan dari
pembaca, khususnya
teman-teman dari mahasiswa
agar penulisan makala kami
lebih baik.
DAFTAR PUTAKA
sanjaya wina,strategi
pembelajaran, jakarta, september 2013-hal 63-64
Merkur's Fusion - Titanium Hair Clipper
BalasHapusThe Merkur's Fusion is a babyliss nano titanium fully titanium steel adjustable safety razor. ray ban titanium The columbia titanium boots Merkur's Fusion features an adjustable head and a slanting angle that revlon titanium max edition offers a