Sabtu, 14 Oktober 2017

“pengertian dasar, tujuan dan fungsi metode pembelajaran PAI ”



Makalah
PENGERTIAN DASAR, TUJUAN DAN FUNGSI METODE PEMBELAJARAN PAI



Hasil gambar untuk iain palu



Mata Kuliah
Metode Pembelajaran PAI Tingkat Dasar SD/MI
Di Susun Oleh
 Nama               : Moh. Saldi
                          Zam’ani                  
                     Serly
                                Restu fauzia
                              
                                                                                                                                                                      
Fakultas         : Tarbiyah
Jurusan          : PAI (8)kk

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALU
PRODI. PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
TAHUN AKADEMIK 2016/2017



KATA PENGANTAR
ASaalamualaikum   warahmatulahi   wabarakatu
Puji  syukur  kehadirat  Allah  Swt  atas   rahmat  dan  karunia-Nya  kami  dapat  menyelesaikan makala ini dengan cara dikemas dan disajikan dengan format dan  pengetahuan  yang   penuh  manfaat,  makala  ini  berjudul  pengertian dasar, tujuan dan fungsi metode pembelajaran PAI ” adapun  maksud  dan  tujuan    makala  ini  ialah  untuk memenuhi  sala satu  tugas  mata  kulia   metode pembelajaran PAI tingkat dasar SD/MI .
  selain  itu  penulis  berharap  semoga  makala  ini   bisa   bermanfaat  untuk   pembacanya.

                         Wasalamu’alaikum   warahmatullahi   wabarakatuh.







DAFTAR ISI
                                                                    
KATA PENGANTAR ..................................................................................... i
DAFTAR ISI .................................................................................................... ii
BAB I : PENDAHULUAN.............................................................................. 1
A.      Latar belakang ............................................................................................. 1
B.       Rumusan masalah ........................................................................................ 1
C.       Tujuan penulisan .........................................................................................  1
BAB II : PEMBAHASAN.................................................................................. 2
Peran Guruh Di Sekolah Dan Masyarakat...................................................... 2
A.  Pengertian  metode pembelajaran  PAI............................................................ 2
B.  Apa metode dasar pembelajaran PAI............................................................... 3
C.  Bagaimana Tujuan Metode Pembelajaran PAI................................................. 4
D.  Bagaimana Fungsi Metode Pembelajaran PAI................................................. 5
BAB III : PENUTUP.......................................................................................... 6
A.  Kesimpulan ...................................................................................................... 6
B.  Saran ................................................................................................................ 6
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................... 7





BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar belakang
            Mengajar secara efektif sangat bergantung pada pemilihan dan penggunaan metode mengajar yang serasi dangan dasar dan tujuan mengajar. Cara belajar yang lebih baik ialah mempergunakan metode kegiatan murid-murid sendiri secara efektif dalam kelas, demi mewujudkan pendidikan yang sesuai dengan tujuan.
Makala ini masi jauh dari kesempurnaan sehingga kami dari kelompok 2 mengharapkan kritik dan saran pada saudara demi kesempurnaan makalah kami.
A.      Rumusan masalah
1.    Apa Pengertian  metode pembelajaran  PAI?
2.    Apa metode dasar pembelajaran PAI?
3.    Bagaimana Tujuan Metode Pembelajaran PAI?
4.    Bagaimana Fungsi Metode Pembelajaran PAI?
B.       Tujuan penulisan
1.    Pengertian  metode pembelajaran  PAI
2.    Apa metode dasar pembelajaran PAI
3.    Bagaimana Tujuan Metode Pembelajaran PAI
4.    Bagaimana Fungsi Metode Pembelajaran PAI


BAB II
PEMBAHASAN
Pengertian Dasar,Tujuan, Dan Fungsi Metode Pembelajaran PAI (SD/MI)
A.      Pengertian  metode pembelajaran  PAI
            Metode berasal dari bahasa latin, metodos yang artinya “jalan atau cara”. Dalam kamus besar bahasa Indonesia, metode adalah “cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan guna mencapai apa yang telah ditentukan”. Sedang bila ditinjau dari segi terminologis (istilah), metode dapat dimaknai sebagai “jalan yang ditempuh oleh seseorang supaya sampai pada tujuan tertentu, baik dalam lingkungan atau perniagaan maupun dalam kaitan ilmu pengetahuan,[1] serta pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik pada suatu lingkungan belajar, dan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan.
            Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud metode pembelajaran PAI adalah cara atau jalan yang ditempuh oleh guru untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai. Dapat juga disimpulkan  bahwa  metode  pembelajaran PAI adalah  metode pembelajaran yang digunakan oleh guru sebagai media untuk mencapai tujuan pembelajaran  yang  telah  ditetapkan,[2] Demi terciptanya pendidikan agama islam pada pesertadidik.
B.       Metode Dasar Pembelajaran PAI
            Secara umum ada empat dasar dalam menentukan metode pembelajaran, yakni:
1.    Mengindentifikasikan dan menetapkan kekhususan perubahan perilaku peserta didik yang diharapkan.
2.    Memilih sistem pendekatan belajar mengajar berdasarkan cita-cita dan pandangan hidup masyarakat.
3.    Memilih dan menetapkan metode belajar mengajar yang dianggap paling tepat dan efektif sehingga dapat dijadikan pegangan oleh pendidik dalam menunaikan tugasnya.
4.    Memilih dan menetapkan ukuran keberhasilan kegiatan belajar mengajar sehingga dapat dijadikan pedoman oleh guru untuk melakukan evaluasi (penilaian).
            Selain empat dasar diatas, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan juga sebelum mengembangkan metode pembelajaran pendidikan agama, yakni:
1.    Tujuan pembelajaran umum pendidikan Agama dapat dilihat pada silabus atau garis-garis besar program pembelajaran yang diberlakukan.
2.    Karakteristik siswa yang akan mengikutinya dapat diketahui melalui per tes secara lisan maupun tertulis dan lainnya.[3]
C.      Tujuan Metode Pembelajaran PAI
            tujuan metode pembelajan merupakan pengikat segala aktivitas guru dan siswa, oleh sebab itu, merumuskan tujuan pembelajaran merupakan langka pertama yang harus dilakukan dalam merancang sebuah program dan metode pembelajaran.
            Ada beberapa alasan mengapa tujuan pembelajaran perlu dirumuskan dalam merancang suatu metode pembelajaran
1.    Rumusan tujuan yang jelas, dapat digunakan untuk mengevaluasi efektifitas keberhasilan proses pembelajaran.
2.    Tujuan pembelajaran dapat digunakan sebagai pedoman dan panduan belajar siswa.
3.    Tujuan pembelajaran dapat membantu dalam mendesain sistem pembelajaran
4.    Tujuan pembelajaran dapat digunakan sebagai kontrol dalam menentukan batas-batas dan kualitas pembelajaran[4]
            Adapapun Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD/MI bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan, melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengamalan kepada peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang dalam hal keimanan, ketaqwaannya kepada Allah SWT serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta untuk dapat melanjutkan  pada jenjang pendidikan  yang lebih tinggi.

D.      Fungsi Metode Pembelajaran PAI
            Pendidikan Agama Islam di SD/MI berfungsi untuk :
1.    Penanaman nilai ajaran Islam sebagai pedoman mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.
2.    Pengembangan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT serta akhlak mulia peserta didik seoptimal mungkin, yang telah ditanamkan lebih dahulu dalam lingkungan keluarga.
3.    Penyesuaian mental peserta didik terhadap lingkungan fisik dan sosial melalui pendidikan agama Islam.
4.    Perbaikan kesalahan-kesalahan, kelemahan-kelemahan peserta didik dalam keyakinan, pengamalan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari.
5.    Pencegahan peserta didik dari hal-hal negatif budaya asing yang akan di hadapinya sehari-hari.
6.    Pengajaran tentang ilmu pengetahuan keagamaan secara umum ( alam nyata dan non nyata ), sistem dan fungsionalnya.
7.    Penyaluran siswa untuk mendalami  pendidikan agama ke lembaga pendidikan yang lebih tinggi.[5]



BAB III
PENUTUP
A.  Kesimpulan
            metode adalah “cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan guna mencapai apa yang telah ditentukan”.
            Secara umum ada beberapa dasar dalam menentukan metode pembelajaran, yakni Mengindentifikasikan dan menetapkan kekhususan perubahan perilaku peserta didik, Memilih sistem pendekatan belajar mengajar berdasarkan cita-cita dan pandangan hidup masyarakat, Memilih dan menetapkan metode belajar mengajar yang dianggap paling tepat dan efektif sehingga dapat dijadikan pegangan oleh pendidik dalam menunaikan tuganya.
            Adapapun Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD/MI bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan, melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengamalan kepada peserta didik tentang agama Islam.
Fungsi metode pembelajaran PAI adalah Penanaman nilai ajaran Islam, Penyesuaian mental peserta didik terhadap lingkungan, Pencegahan peserta didik dari hal-hal negatif budaya asing.
B.  Saran
            Makalah  ini  masi  jauh  dari  kesempurnaan, saran dan kritik yang  membangun  sangat  kami  harapkan  dari  pembaca, khususnya  teman-teman  dari  mahasiswa  agar  penulisan  makala kami  lebih  baik.

DAFTAR PUTAKA

                sanjaya wina,strategi pembelajaran, jakarta, september 2013-hal 63-64







                [4] Wina sanjaya,strategi pembelajaran, jakarta, september 2013-hal 63-64

1 komentar:

  1. Merkur's Fusion - Titanium Hair Clipper
    The Merkur's Fusion is a babyliss nano titanium fully titanium steel adjustable safety razor. ray ban titanium The columbia titanium boots Merkur's Fusion features an adjustable head and a slanting angle that revlon titanium max edition offers a

    BalasHapus